Saturday, July 21, 2012

Say it out loud, INDOSAT sucks !!



Ok, buat gw, ini bukan awal yang baik untuk comeback dari kebiasaan nge-blogging yang uda lama gw tinggalkan dan memilih untuk menulis kembali, diawali dgn sesuatu ttg pengalaman buruk gw dengan salah satu provider telekomunikasi.

But seriously, i'll say it out loud, INDOSAT sucks !!

Ga cuman energi, pulsa dan waktu yg terbuang, tapi juga segala kendala komunikasi via Blackberry yang to be honest, gw uda too much dependable on it dan malah terganggu gara-gara nich provider.

Gw ga ingat pasti kapan pertama kali gw pake Indosat, yg jelas awal gw balik ke Indo, gw pake XL. trus karna banyak dari rekan kerja gw yg nganjurin gw pake Indosat, akhirnya gw berganti hati. Mungkin sekitaran awal tahun 2011 gw mulai pakai Indosat, karna paket untuk Blackberry nya lumayan murah.
At that time, I was a satisfied customer.
Temen2 gw pun banyak yg pakai Indosat, baik itu Matrix, Mentari atau IM3
Nah, kalo gw pakenya IM3

Kejadian ga mengenakkan pertama kali itu adalah Kejadian sedot pulsa.
Dari history di Direct message twitter gw, itu kejadiannya sekitaran 270 hari yg lalu atau 9 bulan yg lalu. Itu diakui Indosat sendiri bahwa ada gangguan n telah terjadi penyedotan pulsa. Dan pulsa pun dikembalikan, walau gw ga ingat berapa yg kesedot dan berapa yg dikembalikan.

Kejadian kedua, which is kejadian yg bikin gw trauma n HIGHLIGHT dari tulisan ini adalah, kejadian yg terjadi dari tiga minggu yg lalu.
Kronologis lengkapnya seperti waktu lengkapnya ga akan gw taro disini karna malas ngecek satu2 di mention twitter dan DM gw, sekilasnya aja dech ya.
(Hopefully layanan customer service Indosat baca dan gw akan dengan senang hati menyediakan detail lengkapnya)
- Pada tanggal 27 Juni, gw lakukan isi pulsa senilai Rp. 25.000
- Pada tanggal 3 Juli nya, gw ngecek pulsa, loh koq tinggal Rp. 0
- Akhirnya tanggal 4 Juli nya, gw isi pulsa lagi senilai Rp. 25.000
- Tanggal 6 Juli nya, pulsa gw uda tinggal Rp. 0
Dan saat itulah, it starts to ring the bell. Gw saat itu masi pakai paket Blackberry FULL SERVICE INDOSAT, aplikasi dalam BB gw pun cuman BBM, Ubersocial dan Facebook. Ada juga Whatsapp yg uda out of date sama YM n MSN yg ga pernah gw pake.
Gw juga melakukan beberapa panggilan dan sms yg menurut gw, ga mungkin lha pulsa bisa abis sekejap kek gt. ga gitu banyak koq gw nelpon n sms, kebanyakan percakapan via BBM.

Pulsa Rp. 0 tapi butuh bikin panggilan dan sms, tapi takut juga, sekalinya ngisi pulsa, tiba2 ilang, dilemma ga sich.

- Akhirnya gw memberanikan diri pada tanggal 7 Juli ngisi Rp. 10.000 dan amazingly, as expected juga sebenarnya, pas tanggal 8 Juli pulsa gw disulap jadi Rp. 1

Ok, it started to freak me out, tanggal 8 Juli nya gw mulai complain via ubersocial aka twitter ke @IndosatCare, disuru nya gw DM kronologi kejadian.
Gw DM-in lha ya, sesingkat dan sejelas mungkin dengan keterbatasan 140 characters.
Tanggal 8 gw complain, tanggal 11 Juli nya baru dibalas.

quoted "BB full service hanya untuk penggunaan APN blackberry.net , jk pakai APN indosatgprs akan memotong pulsa :) " 11 Juli oleh @IndosatCare
quoted "Mohon pastikan kembali apakah mengakses aplikasi third party ex:Foursquare,Opera Mini,Migg 33,Ebuddy,Google Maps,Streaming. Tks:)" 11 Juli oleh @IndosatCare
quoted " Ubersocial adlh aplikasi third party,GPRS di nmr IM3 lgsng aktif saat aktifasi prdana,cek apkh vendor aplikasi dr RIM atau bkn..." 14 Juli oleh @IndosatCare

Buat gw, what the heck lha ya, gw ga pernah ngotak ngatik APN atau apapun itu, yang jelas dari awal gw pakai Indosat, gw selalu pakai yg paket Full Service, karna gw butuh browsing, download, ubersocial n whatsapp. Ubersocial yg uda gw pakai setahun lalu pun, ga pernah punya masalah potong pulsa.
And now, they started to give me unreasonable excuses untuk pemotongan pulsa.
Gw ga pernah otak atik masalah APN, yg notabene gw ga tau kepanjangannya apa.
Ya sebagai pelanggan, siapa sich yg bakal terima pemotongan pulsa kek gni, lagian kenapa baru sekarang gitu ?
Kalo memang aplikasi2 third party itu bikin potong pulsa, kenapa ga dari dulu2, dari awal2 gw pakai.
KENAPA BARU SEKARANG ?
atau kalau memang, ada penggantian APN yg Indosat lakukan, apakah saya atau kita atau orang2 lain yg memakai aplikasi tersebut, tidak PERLU untuk dibertahu terlebih dahulu ?
Asal potong pulsa seenak jidat begitu saja?

Ok, fine. Terima ga terima, akhirnya gw hapus Ubersocial gw dan berganti ke Twitter for Blackberry. Whatsapp yg uda out of date n uda lama gw ga pakai pun, gw hapus.
Kebetulan paket Blackberry gw pun uda abis, akhirnya gw ragu dan memutuskan, ahh daripada ribet, mending pake paket GAUL, ga perlu internetan lha, BBM sama twitter n FB aja.
Dan tau ga sich, Pemotongan Pulsa masi terjadi.
Pops out dari layar Blackberry gw dengan tulisan "Gratis Internet 4MB dengan akses internet Rp. 509 lagi"
Wanjritt, apaan lagi ini.
Penasaran, akhirnya gw ngecek pulsa gw setiap 2-4 menit sekali.
Eh kebenaran, pulsa gw terpotong Rp. 10 untuk setiap 2-4 menit itu.
Sekarang ketahuan, pantesan aja dalam satu malam, pulsa 20an ribu disulap jadi Rp. 0

Ga tahan pulsa gw terpotong kek meteran air, akhirnya gw nelpon ke operator Indosat pada tgl 14 Juli jam 10:57
Gw jelaskan masalah gw, dan disuruhnya ketik indosatgprs(spasi)off dan kirim ke 889
Gw nanya donk ya, itu apaan. Dan dijelaskan bahwa, pemotongan pulsa terjadi karna ada akses GPRS dari bb gw. Itu sedang on dan perlu di off kan supaya tidak memakai jaringan GPRS tersebut dan tidak akan memotong pulsa lagi.
WHAT THE HELL !! Kapan gw MENGAKTIFKAN nya ??
Smua kata2 kasar mau gw lontarkan ke si operator itu, cuman gw simpan dalam hati aja. Cukup dikutuk dalam hati.
akhirnya gw kirim sms sesuai instruksi.
Itu saya lakukan pada tanggal 14 Juli, hari Sabtu pada jam 11 siang.
WOILLAA, uda ga kepotong lagi pulsa gw.
Tapi di hari yg sama, pada jam 17.00 sore, Logo BB gw lenyap dari screen BB.
Tau kan, logo BB di antara Sinyal dan tulisan 3G
Akhirnya ga bisa BBM-an
Di hari yg sama, jam 20:46 gw melakukan complain ke operator, menjelaskan permasalahan, minta tlg dilakukan pengecekan dan perbaikan. Ok, dicatat dan akan dibantu katanya.
Sampai keesokan harinya, tgl 15 Juli jam 18:00 baru nongol logo BB nya n bisa BBM-an tetapi baru tanggal 16 Juli nya, gw dpt sms dr 111 menginformasikan bahwa masalah sudah ditangani (agak terlambat sich padahal uda beres dari semalam)
Jadi sekitar 25 jam BB seperti hape biasa, cuman bisa untuk sms n nelpon.
Untuk masalah jaringan, ga bermasalah sama sekali, sinyal kuat dan 3G

Ok lah ya, mgkn ada gangguan.

Berselang satu hari, tgl 16 Juli hari Senin jam 19:00, logo BB lenyap LAGI dr screen. Ga bisa BBM, twitter atau Fb an, dan kejadian sampai sekarang (sampai tulisan ini ditulis)
Lagi enak2 nya bbm-an n dinner, tiba2 kejadian seperti ini.
Langsung gw telpon operator, dicek dan dibilangnya ga ada masalah atau gangguan sama sekali. Coba di hard-restart, dan SEMOGA bisa.
Suggestion yg sangat menenangkan dan membantu, dengan kata SEMOGA itu, gw langsung naik darah.
Jadi kalo dgn gw hard-restart dan SEMOGA nya lu, n tetap ga berhasil gimana ? gw harus nelpon ke operator Indosat lg ? gw balas dgn ketus.
"Iya Pak, karna saya lakukan pengecekan dan tidak ada masalah utk jaringan anda"
 the hell, apa boleh buat lah, gw coba juga hard-restart dan woiillaaa, tetap ga nongol.
Akhirnya, nelpon lg ke operator, dicatat lg permasalahannya, harus ngulang lg ngejelasin semuanya karna ini dgn operator yg berbeda, dan disuru tunggu kabar dari mereka, karna mereka akan bikinkan laporan dan akan lakukan pengecekan segera.
To this point, gw uda ga nyaman dan uda SANGAT KECEWA dgn Indosat.
Layanan macam apa ini ??
Masalah dan Gangguan nya bisa beruntun seperti ini ?
Sampai keesokan harinya, tgl 16 Juli 21:17 ge nelpon lg ke operator, menanyakan penanganan masalah bb gw, tapi malah disuruhnya nelpon besok pagi nya untuk konfirmasi ulang.
Meledak lah gw, Kenapa harus saya yg mengkonfirmasi ulang ??
Kamu kira kerjaan saya cuman buat nelpon n complain2 ke kalian ??
Kerja kalian apa ??
Ini ada apa dgn Indosat ?? Bermasalah mulu dari 2 minggu yg lalu, pertama sedot pulsa, grps on, grps off, inilah itulah, taik lah, smua uneg2 gw, gw lampiaskan ke si operator.
Tapi karna kasian jg, emank kerjaan mereka cuman utk mendengar makian dari unsatisfied customer, akhirnya gw matiin telponnya.
Besoknya, tgl 17 Juli jam 22:51 gw nelpon ke operator lagi.
Hal sama gw lakukan tgl 18 Juli jam 09:00 untuk meng-KONFIRMASI ulang.
Tapi, sepertinya ga ada action sama sekali dari pihak INDOSAT.

tgl 19 n 20, gw ga nelpon. Uda capek soalnya. Dari yang kesal, marah sampai cape sendiri.
Trus hari ini, tgl 21 Juli jam 09:00, Final nya gw lah.
Gw nelpon lg ke operator, gw minta dicek apakah sudah diproses. Dan setelah dicek, ternyata belum diproses. Wannjjjriiittt !! Marah besar gw. Jadi dari tanggal 16 sampai sekarang, kalian ngapain aja ??
Seperti biasa, operator cuman bisa minta maaf. Gw suruh berhenti minta maaf !! dengan kamu minta maaf, kamu kira permasalahan saya makin cepat selesai ??
5 hari tanpa bbm-an padahal dalam paket, kamu kira saya ga rugi.
Belum lg waktu saya terbuang untuk nelpon2 operator.
Gw bbm-an pun harus pakai wi-fi dan bisa.
Jadi, permasalahan bukan di Blackberry saya tapi jaringan INDOSAT.
Udah, lupakan saja. Saya minta kamu untuk cabut aja laporan permasalahan ini, saya sudah cape.
Terserah aja mau diapakan, saya ga peduli lagi. Saya akan ganti ke provider lain.
Persistent tetap minta maaf, operator menjanjikan untuk segera dibikinkan laporan dan diprioritaskan dan akan diselesaikan SECEPATNYA.
Gw yg uda keburu kecewa dan naik darah, Udahlah, saya ga peduli lagi. Terlalu bergantung dgn harapan palsu INDOSAT, SECEPATNYA kalian dalam 5 hari aja ga diproses.
Bayangkan gw dokter n elu lg dlm keadaan kritis, akan gw tangani SECEPATNYA, tapi hari ke-5, baru akan dicek, datang2 ya uda tinggal mayat lha.

Permah kepikiran untuk ke galeri Indosat langsung, cuman ada keraguan, nelpon ke operator aja ga ditangani, ga ada guarantee mereka bisa selesaikan jg. Ujung2nya dilakukan pencatatan dan dijanjikan akan dicek dan diproses SECEPATNYA. Akan sangat buang2 waktu.
 
Menurut gw sich ya, sepertinya gw di block atau di-blacklist sama operator2 nya gara2 keseringan complain n tiap kali complain, gw ngomongnya ketus. Makanya ga di cek n diselesaikan masalah gw.
Mereka (para operator), pasti bertaruh sampai kapan gw akan bertahan.

Kan biasa kalo nelpon ke operator, ditanyain nama n nomor telpon kan.
Ada sekali, gw nelpon n baru sebut nama, Santo, belum sempat nyebutin nomor telpon, si operator uda langsung tau Santo yg mana, uda langsung sebutin permasalahan gw. *blushing*

The truth is:
INDOSAT sucks !!

Gw tau, kekecewaan gw ga berarti apa2 buat INDOSAT.
Gw nulis kek gni pun ga akan merubah service dan product mereka.
Cuman at least, gw pengen smua yg baca bisa mikir dua kali sebelum milih Indosat.

Tenang aja INDOSAT, gw ga akan berhenti koq buat ngejelek-jelekin product n service INDOSAT, soalnya uda terlampau kecewa dan kepahitan. 

Kejadian ini nyata adanya, ga di buat2 dan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Dgn nulis kek gni pun, gw lega.
Uda bisa meng-ikhlas-kan IM3 yg selama ini gw pakai, n berganti ke lain hati, bukan karna gw selingkuh, tapi karna memang The right thing to do.
U leave me no choice Indosat.

n yes, I'll say it again
INDOSAT sucks !!

Jadi, bagusnya pakai Telomsel atau XL ya ??


Santo 21.07.12

No comments:

Post a Comment