Friday, July 30, 2010

Life & Times

Disadur dari JakartaGLobe Senin, 21.06.10

Ok, pembahasan gw kali ini adalah ttg topik di koran JakartaGlobe berjudul
"Retracing the Chinese Riot"

Ternyata ya, riot atau massacre terhadap etnik Chinese itu pernah terjadi di Indonesia sejak zaman pendudukan Belanda...
Nah di tahun 1740 itu, Indonesia masi berada dibawah jajahan Belanda...
etnik Chinese juga ada di Indonesia pada saat itu, yahh ikutan nimbrung karna daerah Batavia itu daerah pelayaran, pelabuhan n pusat perdagangan...
Tau lha ya otak dagang Cina, 1/3 perdagangan di kawasan itu dikuasai oleh etnik Chinese...
Nah karna takut ntar Belanda kalah bersaing, di tahun 1740 itu dilakukan riot terhadap etnik Chinese oleh kompeni Belanda..
Tidak diberitahukan korban jiwa dalam riot tersebut...

Nah akibat dari itu, di Batavia terjadi krisis ekonomi...
Ya iya lha,.,, secara 1/3 perdagangan di sana kan dikuasai etnik Chinese... 
pasti donk ngefek ke bisnis n perdagangan...
akhirnya terjadi massacre susulan..
Kali ini, pihak yang melakukan adalah warga pribumi...
Diperkirakan 10.000 etnik Chinese terbunuh... sisanya langsung kabur ke daerah Jawa Tengah..

Nah, as the result, Batavia suffered loss of working for the next 20 years...
Hehmmm menarik kan ya ??
artikel ini bikin gw jadi inget kerusuhan Mei 1998... dimana lagi2 etnik Chinese yg jadi sasaran n korban,,,,
Ok, call me for being subjective...
Tapi bener kan, jelas2 etnik Chinese aka non pribumi yg dijadikan sasaran...
Etnik Chinese di Indonesia bikin iri warga pribumi n yg menyebabkan kejatuhan ekonomi n akhirnya warga pribumi melakukan aksi unjuk rasa, rumah2 dibakar n cewe2 etnik Chinese nya diperkosa...

Huff,,,
benar2 tidak berprikemanusiaan...
Itu berarti uda 12 tahun yg lalu kejadiannya,...

Pembicaraan ini pernah dibahas gw sama temen gw...
Kenapa sich mesti kek gni ??
---Karna mereka tidak berpendidikan---
Mereka ga tau kenapa bisa krisis, yang mereka pusingin adalah sh*t harga2 bakal naik, gw kek gini aja uda ga bisa hidup, gimana kalo harga2 kebutuhan naik ??
Pemerintah ngapain sich ??
Ini lagi orang Chinese, bikin iri aja... jelas2 ini negara gw, pake ikutan di sini n ngambil ladang pekerjaan kami...
Kira2 itu yg qta bahas...
Jealousy...

Gw dulu sich mikirnya, benar2 dech...
Mestinya mereka2 ini bersyukur ada etnik Chinese di Indonesia... 
jelas2 qta bikin lapangan pekerjaan buat mereka, kalo ga ada qta, berapa banyak dari mereka yang ga punya pekerjaan ?? 

Ahh pembahasan seperti ini ga ada ujung nya dech...

Pas masi kecil, gw inget banget... Gw yg bermuka Cina ini sering didiskriminasi oleh warga pribumi...
pas gw jalan ngelewatin abang2 gitu, sering terdengar... Haiyaa Acong ha... atau Haiiyaa Abeng ha..
kalo diinget-inget lucu juga ya...

Tapi seiring berjalan nya waktu, diskriminasi ini uda jarang terdengar...

Nah karna sekarang gw uda bisa dibilang grown-up ya,,,
Pemikiran gw adalah,,, 
Emank itu kejadiaan 12 tahun lalu n pasti lukanya banyak n ga semua bisa disembuhin, tapi masi ada ...
Jangan men-generalisasi-kan kejadian ini dilakukan oleh orang Indonesia... karna sebenarnya yg melakukan adalah orang2 tak berpendidikan n bertuhan..
Diskriminasi ras n agama itu sebenarnya ga pentink... yg pentink adalah cara qta hidup n cara qta memperlakukan orang lain..

So, whatever... semua orang berstatus sama...
asal ga ada yg nyenggol gw

SAnto



1 comment: