Sunday, March 28, 2010

Berenang

Tentu saja, dari judul nya aja uda ketahuan gw bakal ngomongin apa...

Boleh silahkan ditebak, gw bakal menceritakan apa...


TIDAK !! BUKAN !! gw ga akan menceritakan n menjelaskan gaya2 dalam berenang,,,,

gw bakal menceritakan pengalaman gw blajar berenang n hikmah2 dalam perjalanan tersebut,,,

Kata "berenang" itu eksis pas gw sekolah di jakarta,,,
walau pas gw di medan gw sering diajakin berenang, tapi itu sekedar maen air doank...

Teman2 Jakarta gw seru, mereka suka banget olahraga...
Pernah gw diajakin maen basket, gw yg ga bisa apa2 diajakin... tapi karna masi culun n pengen cepet bergaul, gw ikut aja... sesampai nya di sana, gw cuma maen ga nyampe 5 menit... trus menyerah n akhir nya cuma makan ketoprak sambil ngeliatin mereka maen...
Gw ciut karna bener2 ga ngerti ttg basket n ga punya keberanian untuk terlihat bodoh di depan mereka,.. gw juga terlalu meninggikan diri gw untuk minta diajarin yg sebenarnya sekarang gw sesali banget...

Tentu saja itu ga bikin gw kapok, pas mereka ngajakin gw berenang... at least gw mikir, gw ga bakal mengucilkan diri gw kali ini... Karna jujur, gw insecure abis dalam hal olahraga,,,
Gw ikut mereka, pas itu gw inget banget yg ikut rame,,, ada anak2 dari kelas sebelah juga...
Dalam hal berenang pun, gw cupu... ngambang atau ngapung tuch gw ga bisa,,, apalagi berenang.. tapi temen2 gw maen nya di daerah yg dalem,..
gw yg ga bisa apa2 cuma bisa bermain di daerah dalem tapi bagian pinggir nya doank sambil pegangan...
Hal2 yg gw nikmatin cuma ngadu tahan nafas n maen perosotan..

Sempat gw baca dari artikel, Berenang itu basic survival skill...
langsung kepikiran di otak gw, kalo misal ada tsunami n keluarga gw ga ada yg bisa berenang, sapa yg bakal nolongin ??
dgn rasa kepatriotan seperti itu, gw netapin klo gw harus bisa berenang...
persetan dengan basket atau olahraga lain, itu tidak akan menolong keluarga gw klo ada tsunami... ya kan ?? ;p

Gw minta temen gw ngajarin..
Perasaan bergantung sama temen gw itu tidak diperlakukan sebagaimana mestinya,,,
Dia nanya, yakin mau blajar ?? gw bilang iya... at least gw bisa ngapung dulu...
Tau apa yg dia lakukan ke gw ?? gw didorong ke tengah2 kolam yg dalem...
PANIK !! gw berontak n bergerak sembarangan !!
Keminum banyak air, hati gw berdetak dag dig dug kenceng, mereka sadar gw kek mau tenggelam gt, langsung narik gw ke tepi...
gw kewalahan n marah2 n langsung kepikir ma gw, gimana cara nenggelamin temen gw itu dgn tidak meninggalkan bukti, hahahha

Tentu saja itu ga mengecilkan niat gw untuk bisa berenang,,, gw ajak temen2 gw yg lain yg lebih jinak... Kumpulan cewe2... gw minta mereka ngajarin n kalo ga salah pertemuan ke 3 qta, gw uda bisa ngapung...

Tahap demi tahap, akhir nya gw bisa gaya katak/dada... yg katanya paling gampang...
Walau sebenarnya, gaya katak gw masi sembarangan, tiap kali berenang pasti kehabisan nafas n keminum air, gw ga peduli...
Itu uda merupakan langkah besar buat gw,,,
Horaayyy !!!
Perasaan senang pun ga bisa disembunyikan... gw ampe janji bakal ingat tanggal bersejarah itu, gw catat di hp tapi hp nya rusak sekarang,,, jadi gw lupa kapan exactly hari bersejarah itu...
hahahhaha

Setelahnya, qta jarang banget berenang,,,
sampai akhir nya gw nyampe Melb..
gw dipertemukan dgn teman2 yg hobi nya berenang n ikut club berenang n pernah ngikutin lomba n pernah menang...
Saat itu, gw ga peduli lagi dgn yg namanya tinggi hati n sok ga mau minta diajarin,,, yg ada di otak gw, gw mesti blajar berenang yg bener dari pakar2 nya... hahaha
Mereka bertiga, dgn sabarnya ngajarin gw... gw ga peduli gw terlihat bodoh, cupu n lamban belajar nya,,, yg ada di gw cuma semangat n pengen seperti mereka...
Sejak saat itu, berenang menjadi olahraga favorit gw,,,

Gw uda bisa gaya katak... walau tidak cepat, tapi at least gw bisa atur nafas dgn bener, ga sembarangan gerak n ga pegel2 setelah berenang...
Gw senang n bangga akan diri gw,,, gw buktiin ke gw sendiri klo gw orang nya atletis n bisa olahraga...
wuahahha, walau itu cuma berenang..
Tetep aj, pas mereka ngajakin basket, badminton atau tenis, gw selalu bilang Ga !!

Pas di sono, gw ada hopenk Jason n Sam yg selalu ok klo diajakin berenang... walau pas berenang, qta berenang sendiri2 tapi perasaan ada temen pas berenang itu bikin gw berasa comfortable n aman... Setelah berenang, tentu saja qta maen air... mereka ngajarin gw gaya bebas yg ampe sekarang gw ga bisa... something wrong with my legs...
pas gerak, ga bisa naik turun gt sebagaimana mestinya gaya bebas... kaki gw bergerak nendang...
zzzz abis...
Trus mereka ngajarin gw salto, nyelam di air, duduk di dasar, maen ngangkat2, n bahkan gw di bully di air... T.T (Thanks to Sam n Phoa; the bully brothers)
Thanks to Phoa yg ngumpulin anak2 n ngasi ide buat berenang once in a while
Thanks to Jason yg punya high commitment untuk berenang n jadi teladan gw dalam berenang
Thanks to Sam yg dengan sabar ngajarin gw, berusaha mencari cara biar gw bisa n ga henti2 nya nge bully gw, wakksss

Sampai sekarang, berenang adalah olahraga favorit gw,,, gw uda ga insecure lagi...
gw fine2 aja klo mesti berenang sendiri n itu sekarang menjadi kebutuhan gw,,,

Hal yg gw pelajari dari pengalaman ini
- Manusia ga ada yg terlahir langsung bisa, it takes one to humble himself untuk minta diajarin
- Ga ada kata terlambat, kalo mau belajar pasti bisa
- Segala sesuatu ada tahap2 nya, kelarin satu baru bisa lanjutin yg lain
- Mimpi, tujuan, usaha n training itu ngaruh banget, pepatah "Asa bisa karna biasa"
- Dalam hidup, lu butuh MENTOR n TEMAN

n masi banyak lagi yg bisa dipetik dari pengalaman ini....

high regards untuk orang2 yg uda ikut andil dalam kesuksesan gw berenang yg ga ke mention di sini...

SAnto

No comments:

Post a Comment