Monday, March 15, 2010

Hiking ke Gunung Sinabung

Sabtu sore yang cerah itu, gw dengan excitement yg tinggi telah siap dengan semua persiapan hiking..
Sepatu hiking- check
Botol minum- check
Makanan- check
Minyak kayu putih, plester- check
Baju n clana ganti, kaos kaki- check
Head lamp, kamera n batere cadangan- check
Cuma itu yg gw bawa, basic banget emank karna ini kali pertama gw hiking...

Sodara gw isenk2 bertanya, Are u ready ??
dengan gampangnya gw jawab, Of course !!
dan of course itu berubah menjadi Oh My God pada malam hari nya

Jam 8 malam qta bertiga (gw, sodara gw n temen sodara gw), dgn mobil Jazz matic berangkat dari medan ke brastagi...
perjalanan ngebut ke brastagi ini ditempuh dgn waktu yg cukup cepat, n meninggalkan van cukup jauh tertinggal di belakang..
nyampe di daerah kota, qta singgah untuk supper n sekitar jam 12 qta sampai di pondok t4 parkir mobil n siap2 nak gunung... dalam satu team, ada sekitar 20 orang...

Langkah pertama pendakian gw warnai dengan senyum lebar... ahh, secape apa sich naik gunung, ya ga??
rute perjalanan emank cuma satu, n jalan nya benar2 yg jalanan gunung...
kata sodara gw, ini berbeda sekali dgn hiking di Gunung Sibayak...
Setelah 15 menit perjalanan aj, gw uda ngos2 an.. trus kata guide nya, ohh masi 4jam an lagi baru sampai..
DENNNGGG

Awalnya cuma pake tenaga kaki, tapi lama2 jalanan nya makin ga masuk akal... ada pohon tumbang menghadang, jalanan yg berlumpur, batu2 yg setinggi 1 meter mesti dilewatin, area cadas(batu2 an n sekitar 80 derajat kemiringan), jalanan berkabut.. alhasil, gw kerahkan smua tenaga badan, ampe cara naik gunung gw, mau ga mau mesti ngerangkak n manjat...
Keringat membasahi seluruh badan , rambut n clana dalam...
air yg diminum pun langsung keluar menjadi bulir2 keringat...
Makanan persediaan untuk besok pagi telah dihabiskan sebelum sampai ke tujuan...
Parah benar benar parah...
Terlintas penyesalan kenapa gw sok2an ikut hiking, kerinduan akan nonton tv di uma sambil dudukan di sofa n cemilan di tangan pun sempat terbesit...

Ga !! Ga boleh !! ga boleh nyerah !! Gw harus naik sampai ke palink atas !!
hehm, i'm having a second wind...
Strategi pun dimulai, setiap 15 menit perjalanan, qta break..Baik itu sekedar break ambil nafas, break lemesin kaki, break buat BBm an, break minum n makan, atau break untuk nungguin yg lain... Untung sodara gw uda pernah hiking sebelumnya, jadi dy lebih tau mesti ngapain... Qta bertiga saling menjaga...
Sering qta dikibulin orang2, pas ditanya... Duhhh, uda mau nyampe blm sich???
pasti jawaban nya, uda koq,,, dikit lagi...
they were giving us a false hope !!
n sering qta nya malah gettin too excited tiap kali mereka ngomong gt, n alhasil gw terlalu mengarahkan tenaga berlebih n kecewa ketika sampai di bagian atas, masi ada bagian atas nya lagi.. T.T
2 jam berlalu, 3 jam berlalu, n 4 jam berlalu... yes, gw uda lepek, a bit cursing, ngeluh tp harga diri gw ga ngijinin gw buat give up... jari telunjuk gw berdarah tergores, kaki yg tersandung uda berasa memar, persediaan air kurang n perut keroncongan !! i should have eaten more !! (padahal gw uda makan 5 x hari itu )

Sayup sayup terdengar teriakan yg memanggil nama sodara gw, ayo naek!! nich qta uda di puncak nya.. ikutin lampu gw... dikit lagi !!
seperti film 300, gw teriak Owwooooohhooo n manjat gila2 an untuk secepatnya sampai di atas...
Yeaaaahhh, gw sampai... pemandangan di puncak gunung nya, ga semenarik yg gw bayangkan n area nya pun kecil... ya sudahlah, bukan itu yg sekarang gw pikirkan.. qta bertiga langsung gelar tikar n ganti baju n pake jaket.. tanpa hitungan satu dua tiga, gw uda terlelap...
tidur yg hampir 3 jam itu benar2 ga nyenyak.. bagian pinggang ke atas sich anget, ada 2 lapis.. bagian pinggang ke bawah benar2 sengsara.. Clana yg gw pake buat naik gunung uda basah sama keringat, lumpur, air gunung, n spatu n kaos kaki pun sama... gw menggigil n memaksakan diri untuk tidur... alhasil, ga nyenyak sama sekali n pagi jam 7 nya gw dibangunkan oleh serangkaian manusia2 tidak tahu diri yg berisik n benar2 menyebalkan...

Mereka adalah orang2 dari team lain yg berkemah nya di bagian lebih bawah n naik ke puncak untuk ber foto2...
Couldn't they find another time that wont disturb me /??
Pembicaraan mereka pun benar2 menyebalkan, ada cowo yg suara nya kek cewe, ngebahas mau foto bagian mana, sekali foto mesti bayar5 ribu, dia seorang fotografer... blah blah blah... yg di otak gw cuma, shyt shyt shyt...
ada lagi yg dengan kurang ajar nya, berjalan di antara t4 tidur qta n foto2 di antara qta.. WTH ??
please people !!
ada lagi yg ngebahas, pengen foto awan nya, tp ga ke captured !!

Mau ga mau, gw bangun... Dengan muka asem n mencibir, gw liatin mereka..
hal pertama yg gw pikirin, pengen bgt gw berdiriin mereka di sekitar tepi puncak, gw dorong jatuh n mereka guling2 sampai ke bawah.... waahahahhah

ya ud lha, emank ga dinasibkan untuk tidur..
sodara n temennya pun uda bangun, n qta lapar..
lapar tapi ga nafsu makan... kebetulan ada yg goreng nugget, mau ga mau gw paksakan diri gw untuk makan, karna uda ga ada makanan lagi.. trus perjalanan ke bawah akan menghabiskan at least 3 jam...
jam 8 pagi, qta meninggalkan orang2 di team qta, n qta turun duluan dengan rencana sesampai di bwah langsung mandi n cari makan...

acara turun gunung nya, ga sesulit yg gw kira... walau tetap pake a whole body buat bergerak di beberapa daerah curam... kentut mengiringi jalan turun gw, terlalu banyak gas dalam perut gw... lol
Turun pun sengsara !!
Air minum yg qta bawa habis, makanan pun sudah habis.... dengan perut keroncongan, cacing2 di perut pun busung lapar n sekarat, qta paksakan turun gunung... 3 jam pun berlalu n qta sampai di pondok.. Nyeri, lemes n otot tegang gw rasakan... buru2 qta ganti baju n cuci muka n pesen indomie...

yah, itulah perjalanan naik gunung gw yg berakhir kaki pegel sampai sekarang...
Cuma ada pengalaman cerita doank, karna kamera yg gw bawa, batere nya habis n ga sempat foto2..
Berat badan gw turun lho satu kilo.. beneran ! ! karna gw langsung timbang sesampai nya di medan.. tp sekarang pasti uda naik lagi, karna gw balas dendam n makan banyak !!
wakakkaka
oh well, at least I'm proud of myself.. I've conquered Gunung Sinabung without given up.. !!!

SAnto

No comments:

Post a Comment